Ditulis oleh : Theoral Maria Inneke, S.E., M.Pd.
Guru Ekonomi SMA Kristen 1 Salatiga
3 Oktober 2022
Salah satu tujuan dari pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dimana kecerdasan tersebut diperlukan untuk menghadapi zaman yang terus berkembang, terutama dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan pada akhirnya memunculkan teknologi-teknologi baru yang terus berkembang, hingga setiap bidang dalam kehidupan manusia saat ini sudah mulai memanfaatkan kemajuan teknologi, termasuk juga di dalamnya adalah di bidang pendidikan. Pendidikan di era globalisasi saat ini sudah memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pendidikan di sekolah, sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran, salah satunya adalah sebagai media pembelajaran.
Media pembelajaran merupakan unsur yang sangat penting dalam mewujudkan proses pembelajaran, karena dapat membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif, kreatif, menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik. Selain itu, media pembelajaran yang inovatif berbasis teknologi juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dan mengembangkan potensi serta kreatifitas peserta didik. Oleh karena itu, sebagai guru Abad 21, guru harus dapat beradaptasi dan mengikuti perkembangan dalam bidang teknologi di dunia pendidikan, sehingga mampu untuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi, supaya dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi peserta didik.
Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi informasi yaitu berupa aplikasi Canva, yang dapat diakses dengan menggunakan berbagai alat, seperti laptop dan smartphone. Canva adalah aplikasi yang mengusung tema visual dan bisa juga audio visual, serta desain grafis yang menjembatani penggunanya untuk dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Saat ini Canva dapat diakses melalui aplikasi yang bisa diunduh dalam gawai kita dan juga bisa diakses melalui web resminya.
Canva dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran di kelas, karena terdapat beragam template, animasi dan fitur-fitur menarik, yang dapat membantu pendidik dalam melakukan pembelajaran berbasis teknologi. Guru dapat memanfaatkan Canva untuk membuat video pembelajaran dan slide powerpoint yang menarik. Selain itu, guru dapat memanfaatkan Canva sebagai media yang dipakai oleh peserta didik untuk menyelesaikan tugas atau projek dalam pembelajaran. Canva dapat digunakan oleh peserta didik untuk membuat slide presentasi yang menarik, membuat dan atau mengedit video, membuat poster, grafik, info grafis, desain gambar, dan juga membuat laporan kegiatan. Dengan demikian, melalui Canva, guru tidak hanya dapat mengajarkan ilmu pengetahuan, namun juga dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan peserta didik dengan media berbasis teknologi.
Penulis memanfaatkan aplikasi Canva dalam pembelajaran Ekonomi pada materi sistem pembayaran. Untuk menarik perhatian dan minat belajar peserta didik, guru membuat slide powerpoint sesuai dengan modul ajar yang telah dibuat, dengan menggunakan aplikasi Canva. Guru memilih desain dan animasi yang menarik dari template yang tersedia di Canva, sehingga dapat menarik perhatian peserta didik. Pada saat pembelajaran, peserta didik diberikan projek untuk membuat video contoh sistem pembayaran secara tunai dan non tunai, serta juga membuat info grafisnya dengan desain yang menarik, sesuai kreatifitas peserta didik dengan memanfaatkan Canva, yang kemudian hasilnya dipresentasikan di depan kelas.
Dengan menggunakan Canva, guru dan peserta didik dapat terlatih untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Canva dapat menjadi salah satu pilihan media pembelajaran berbasis teknologi bagi guru, untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan bagi peserta didik. (KE)
Comments are closed