KENAIKAN KELAS, KELULUSAN, DAN PENJURUSAN

KENAIKAN KELASKELULUSAN, DAN PENJURUSAN

Kenaikan Kelas 
Sesuai Keputusan Direktur Jenderal Manajamen Pendidikan dasar dan menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 12/C/KEP/TU/2008 Tentang Bentuk dan Tata Cara Penyusunan Laporan Hasil Belajar.
Ketentuan kenaikan kelas :

1. Dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran atau setiap semester genap.
2. Kenaikan kelas didasarkan pada penilaian hasil belajar pada semerter genapdenganpertimbangan seluruh SK/KD yang belum tuntas pada semester ganjilharus dituntaskansampai mencapai KKM yang ditetapkansebelum akhir semester genap. Hal ini sesuaidengan  prinsip belajar tuntas  (mastery learning), peserta yang belum mencapai ketuntasanbelajar sesuai dengan KKM yang ditetapkanmaka yang bersangkutan harus mengikutipembelajaran remidi sampai yang bersangkutan mampu mencapai KKM dimaksud.

Artinyanilai kenaikan kelas harus tetap memperhitungkan hasil belajar peserta didikselama satu tahun pelajaran yang sedang berlangsung.

1. Peserta didik dinyatakan tidak naik ke kelas XI, apabila yang bersangkutan tidakmencapai ketuntasan belajar minimal, lebih dari 3 (tigamata pelajaran.

2. Peserta didik dinyatakan  tidak naik ke kelas  XIIapabila yang bersangkutan tidakmencapai ketuntasan belajar  minimal, lebih dari 3 (tigamata pelajaran yang bukan matapelajaran ciri khas program, atau yang bersangkutan tidak mencapai ketuntasan belajar  minimal pada salah satu atau lebih mata pelajaran ciri khas program.

Sebagai contohBagi Peserta didik Kelas XI
a.   Program IPA, tidak boleh memiliki nilai yang tidak tuntas  pada mata pelajaranFisikaKimiadan Biologi.
b.   Program IPStidak boleh memiliki nilai yang tidak tuntas  pada mata pelajaran GeografiEkonomidan Sosiologi.
c.   Program Bahasatidak boleh memiliki nilai yang tidak tuntas (kurangpada matapelajaran AntropologiSastra Indonesia, dan Bahasa Asing lainnya yang menjadipilihan.

1.  Satuan pendidikan SMA Kristen 1 Salatiga melalui rapat dewan pendidik menambahkriteria kenaikan kelas
2.  untuk program IPA ( Matematika harus Tuntas )
3.  untuk program IPS ( Sejarah harus Tuntas )
4.  untuk progaram Bhs ( BhsInggris harus Tuntas )
5.  kehadiran 80 %

Kelulusan

1. Berdasarkan PP 19/2005 pasal 72 ayat 1 peserta didik dinyatakan lulus dari satuan   pendidikan setelah :

a.  Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b.  Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajarankelompok AgamaKewarganegaraan dan kepribadian,  Pelajaran Estetika dan JasmaniOlahraga dan Kesehatan.
c.  Lulus ujian sekolah untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
d.  Lulus Ujian Nasional

2. Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah mengacu pada Peraturan MenteriPendidikan Nasional

3. Target Kelulusan Ujian Nasional
Sesuai dengan Rencana Program Kurikulum untuk Tahun Pelajaran 2011/ 2012Targetkelulusan SMA Kristen 1 Salatiga 100 % dengan Rata-rata Nilai Hasil UN permapel  ≥ 7,50

4. Program Sekolah Dalam Peningkatan Hasil Ujian Nasional

a.  Tambahan Jam Pelajaran untuk Hari Jumat Sore Khusus Mapel UN
b.  Tambahan Jam Pelajaran untuk Hari Sabtu Jam 07.00 – 12.00 Khusus Mapel UN
c.  Memanfaakan 4 Jam tambahan dalam 1 minggu untuk Mapel UN
d.  Kegiatan Try Out Ujian Nasional sebanyak 4kali

5.  Sekolah memberi pembekalan bagi peserta didik yang dinyatakan tidak lulus Ujian Utamauntuk mempersiapkan ujian ulang maupun mengikuti uian Kejar Paket C dan apabila pesertadidik menginginkan mengikuti pembelajaran Sekolah akan memberi kesempatan mengulangdengan mengikuti proses kegiatan belajar selama 1 tahun

PENJURUSAN

1. Waktu penentuan dan pelaksanaan penjurusan

a.  Penentuan penjurusan bagi peserta didik untuk program IPA, IPS dan Bahasa dilakukanmulai akhir semester 2 (duakelas X.
b.  Pelaksanaan  KBM sesuai program jurusandimulai pada semester 1 (satukelas XI.

2.  Kriteria penjurusan program
Penentuan penjurusan program dilakukan dengan mempertimbangkan potensiminat dankebutuhan peserta didik, yang harus dibuktikan dengan hasil prestasi akademik yang sesuaidengan kriteria nilai yang ditetapkan oleh satuan pendidikanApabila terjadi perbedaanantara potensi/minat dengan nilai akademik seorang peserta didikmaka guru harusmengkaji dan melakukan perbaikan dalam memberikan layanan belajar kepada yang bersangkutan.

a.  Potensi dan Minat  Peserta Didik

Untuk mengetahui potensi dan minat peserta didik dapat dilakukan melalui angket/kuesionerdan wawancaraatau cara lain yang dapat digunakan untuk mendeteksi potensiminatdanbakat.

b.  Nilai akademik

Peserta didik  yang naik ke kelas XI dan akan mengambil program  tertentu yaituIlmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Ilmu Pengetahuan Sosial (IPSatau Bahasaboleh memilikinilai yang tidak tuntas paling banyak 3 (tigamata pelajaran pada mata pelajaran-matapelajaran yang bukan menjadi ciri khas program tersebut (lihat Struktur Kurikulum).
Peserta didik yang naik ke kelas XI, dan yang bersangkutan mendapat nilai tidak tuntas 3 (tigamata pelajaranmaka nilai tersebut harus dijadikan dasar untuk menentukan program yang dapat diikuti oleh peserta didikcontoh :

  • Apabila mata pelajaran yang tidak tuntas adalah FisikaKimia dan Geografi (2 mata pelajaran ciri khas program IPA dan 1 ciri khas program IPS), maka siswatersebut secara akademik dapat dimasukkan ke program Bahasa.
  • Apabila mata pelajaran yang tidak tuntas adalah Bahasa  Indonesia,  BahasaInggrisdan Fisika, (2 mata pelajaran ciri khas Bahasa dan 1 ciri khas IPA), makasiswa tersebut secara akademik dapat dimasukkan ke program IPS.
  • Apabila mata pelajaran yang tidak tuntas adalah EkonomiSosilologidan Bahasa Inggris (2 mata pelajaran ciri khas program IPS dan 1 ciri khas program Bahasa), maka peserta didik  tersebut secara akademik dapat dimasukkan ke program IPA.
  • Apabila mata pelajaran yang tidak tuntas adalah FisikaEkonomidan BahasaIndonesia (mencakup semua mata pelajaran yang menjadi ciri khas ketigaprogram di SMAmaka peserta didik tersebut:

    –  perlu diperhatikan minat peserta didik.
    –  perlu diperhatikan prestasi PengetahuanPraktik dan Sikap pada matapelajaran yang menjadi ciri khas program IPA seperti FisikaKimia,Biologidan Matematika dibandingkan dengan mata pelajaran yang menjadi ciri khas program IPS ( EkonomiGeografiSosiologidan dibandingkan dengan mata pelajaran yang menjadi ciri khas program Bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggrisdan bahasa Mandarin). 
    Perbandingan nilai prestasi siswa dimaksud dapat dilakukan melalui program remidial dan diakhiri dengan ujianApabila pada nilai dari setiap mata pelajaran yang menjadi ciri khas program tertentu terdapat nilai prestasiyang lebih unggul daripada program lainyamaka siswa tersebut dapat di juruskan ke program yang nilai prestasi mata pelajarannya lebih unggul tersebutApabila antara minat dan prestasi ketiga aspek tidak cocok/sesuaiwali kelas dengan pertimbangan masukan dari guru Bimbingan dan Konseling dapat memutuskan program apa yang dapat dipilih oleh peserta didik.