Fungsi Perpustakaan Sekolah Dalam Proses Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran perlu diciptakan sedemikian rupa sehingga memungkinkan peserta didik dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Kegiatan pembelajaran mestinya dirancang tidak hanya di ruang kelas saja, namun juga dapat dilakukan di luar kelas. Sebab kegiatan belajar yang hanya dilaksanakan di kelas boleh jadi hanya dapat mengoptimalkan potensi peserta didik tertentu dan tidak bagi peserta didik yang lain. Perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar di luar kelas, semakin sering siswa dibawa keperpustakaan semakin terbuka cakrawala berpikir siswa karena semakin banyak buku-buku yang dibaca.

Perpustakaan sebagai ruangan atau bagian sebuah gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya merupakan tempat koleksi dari berbagai jenis buku-buku. Dengan demikian perpustakaan bertindak selaku penyimpan khazanah hasil pemikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk buku. Buku merupakan alat bantu manusia untuk belajar, sejak saat mulai lancar membaca, memasuki bangku sekolah hingga bekerja.

Perpustakaan sekolah tampak bermanfaat apabila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar di sekolah. Indikasi bermanfaat tersebut tidak hanya berupa tingginya prestasi belajar siswa, lebih dari itu murid-murid dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi, di samping itu murid-murid terbiasa belajar mandiri dan terlatih kearah tanggung jawab serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Leave a Reply